Sekolah Montessori Jakarta

Sekolah Montessori Jakarta adalah sebuah sekolah dengan menggunakan metode pendidikan bagi anak yang dalam penyusunannnya ini berdasarkan pada teori perkembangan anak. Sekolah Montessori Jakarta mengusung metode Montessori yang pertama kali digagas oleh seorang guru dari Italia yaitu Maria Montessori pada akhir abad 19 dan awal 20. Metode ini secara umum diterapkan di taman kanak-kanak (preschool) dan sekolah dasar (elementary school). Karakteristik dari metode ini adalah menekankan pada aktivitas yang dimunculkan oleh diri anak dan menekankan pada adaptasi lingkungan belajar anak pada level perkembangannya, dan peran dari aktivitas fisik dalam menyerap konsep pembelajaran dan kemampuan praktis.

 

Filosofi dari Montessori adalah membangun ide bahwa perkembangan dan pola pikir anak berbeda dengan anak dewasa. Anak-anak bukanlah miniatur orang dewasa. Metode Montessori menyatakan persamaan hak anak didik. Maka anak akan belajar untuk berkembang sendiri menjadi dewasa, akan tetapi tetap dengan bimbingan dari pengajar atau pendamping. Metode Montessori tidak begitu setuju tidak mengukur kemampuan seorang anak dengan tes pengukuran kemampuan anak pada akhir masa persekolahan karena hal ini akan mengganggu pertumbuhan anak sedari dalam. Metode ini menggunakan umpan balik dan analisis kualitatif terhadap penampilan kinerja anak sehari hari.

 

Sekolah Montessori Jakarta menghasilkan anak-anak didik yang lebih baik daripada metode konvensional. Metode Montessori mendorong anak untuk memusatkan perhatian ke suatu kegiatan tertentu. Hal ini tentu saja akan membuat ia mencapai kemampuan optimumnya dalam lingkungan di mana keindahan dan disiplin ditekankan dan dihargai. Secara spontan kesenangan akan belajar akan terungkap sewaktu si anak diberi kebebasan (dalam batasan tertentu) untuk menentukan keinginannya. Seorang pengajar Montessori harus terlatih sebagai pemberi fasilitas di kelas, selalu siap membantu dan mengarahkan anak. Tujuan mereka ialah merangsang keinginan anak untuk belajar kemudian mengarahkannya tanpa ikut campur dengan keinginan alami anak untuk belajar dan menjadi mandiri. Setiap anak akan belajar dengan aktivitas pribadinya dan belajar untuk mengerti sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya yang unik.

 

Segala sesuatu di kelas Montessori mempunyai manfaat dan tujuan khusus. Semua hal yang telah disiapkan ini dapat dilihat dan disentuh oleh anak. Semua perabotan dan peralatan diciptakan dalam ukuran kecil sesuai dengan ukuran anak dan mudah dijangkau.

 

Sekolah Montessori Jakarta yang baik mempunyai lingkungan yang sibuk dan produktif dimana keceriaan timbul. Di dalam lingkungan yang diciptakan secara khusus ini kebebasan, tanggung jawab, perkembangan sosial dan intelektual anak secara spontan akan berkembang. Sebagai contoh dalam suatu ruang kelas disana ada miniatur sebuah jalan raya, serta segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Misalnya kendaraan bermotor, polisi serta lampu  traffic light. Dalam proses pembelajaran, anak dihadapkan pada sebuah kasus dimana pada saat akan menyeberang mereka menjumpai seorang cacat dengan memakai sebuah kruk untuk membantu berjalan. Apa yang meski dilakukan anak untuk membantu seseorang tersebut menyeberang? Jawabannya ditentukan oleh anak itu sendiri, akan tetapi bila ada suatu hal yang kurang sesuai maka peran guru sangat penting untuk memberikan masukannya.

 

Sekolah Montessori berusaha untuk mengajarkan anak rasa kekeluargaan dan membantu mereka untuk hidup berdampingan dengan orang lain. Dengan membentuk ikatan antara orang tua, guru dan anak, Montessori berusaha menciptakan lingkungan dimana anak dapat belajar untuk berdikari. Selain itu, anak juga dilatih menjadi bagian keluarga sehingga mereka dapat menyayangi yang lebih muda, belajar dari yang lebih tua, mempercayai orang lain dan belajar menjadi asertif bukannya agresif.